Pelaksanaan analisis jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) merupkan salah satu upaya pencapaian reformasi birokrasi. Melihat betapa pentingnya Anjab dan ABK, BKPSDM mengadakan bimbingan teknis penyusunan Anjab dan ABK selama 3 (tiga) hari, Senin-Rabu (27-29 Juni 2022) bertempat di Prambanan Hall 2 Hotel Puri Asri Kota Magelang. Acara dibuka oleh Kepala BKPSDM Kota Magelang Isa Ashari.

“Tujuan penyusunan Anjab & ABK untuk menjamin kesesuaian antara tuntutan tugas dengan jabatan dengan pegawai yang akan menduduki jabatan tersebut”tutur Isa Ashari.

Dengan mendatangkan narasumber dari instansi yang berkompeten, diantaranya dari Badan Kepegawaian Negara dan Biro Organisasi Pemprov. Jabar, diharapkan peserta dapat “ngangsu kawruh” dengan lebih baik lagi. Dari bimtek ini dihrapkan para peserta terampil melakukan proses analisis beban kerja serta mampu menyusun informasi jabatan dan uraian jabatan di unit kerjanya masing-masing.

Materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut meliputi penyusunan Anjab & ABK yang diikuti oleh tim penyusun Anjab & ABK, dan materi Arsitektur Kinerja dan Jabatan Strategis, Penyusunan Arsitektur Kinerja, Penyusunan Perjanjian Kinerja Pejabat Fungsional dan Pelaksana, serta Penyusunan Critical Job List yang diikuti oleh para Kasubag. Program dan Keuangan. Selain materi secara teori jug dilakukan praktek penyusunan Anjab & ABK secara langsung. Dan karena sistem penyampaian materi secara 2 (dua) arah menjadikan peserta dapat dengan mudah melakukan dialog (tanya jawab).

Acara yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut dilakukan baik secara virtual maupun live. Kepala Pusat Perencanaan Kebutuhan ASN-BKN RI dan Kepala Biro Organisasi Pemprov. Jabar menyampaikan materi secara virtual.(ng)

Share.

Juru kunci website bkpsdm.magelangkota.go.id. Suka menolong, tidak sombong dan rajin menabung.

Leave A Reply

Exit mobile version